Senin, 17 Agustus 2009

Tafsir Surah Al-Muddatstsir Ayat 3

AYAT 3
“Dan Tuhanmu agungkanlah !”
Menurut Tafsir al-Mishbah. Karena memberi peringatan dapat mengakibatkan kebencian dan gangguan dari yang diperingati, maka ayat diatas melanjutkan bahwa dan bersamaan dengan itu hanya Tuhan Pemelihara dan Pendidikmu saja – apapun yang terjadi maka agungkanlah !


Mengagungkan Tuhan dapat berbentuk ucapan, perbuatan dan sikap batin. Takbir dengan ucapan adalah mengucapkan Allahu Akbar.

Takbir dengan sikap batin adalah meyakini bahwa Dia Maha Besar, kepada-Nya tunduk segala makhluk dan kepada-Nya kembali keputusan segala sesuatu. Takbir dengan perbuatan adalah pengejawantahan makna-makna yang dikandung “takbir dengan sikap batin” tersebut kedalam kehidupan sehari-hari.
Ketika seseorang bertakbir, maka pada hakikatnya ada dua hal yang seharusnya ia capai. Pertama, pernyataan yang keluar menyangkut sikap batinnya tersebut. Kedua, mengatur sikap lahirnya sehingga setiap langkahnya berada dalam kerangka makna kalimat tersebut.
Tafsir Fi Zhilalil Qur’an. Hanya mengagungkan Tuhan karena selainnya adalah kecil. Setiap orang, setiap sesuatu, setiap nilai dan setiap hakikat adalah kecil dan hanya Allah sendiri Yang Maha Agung. Ini adalah pengarahan kepada Rasulullah Saw yang akan menghadapi tugas memberi peringatan kepada manusia, sebuah tugas yang sangat besar dan amat berat. Dengan tashawur yang seperti itu maka terasa kecil segala tipu daya, segala kekuatan, dan segala hambatan. Hanya Allah yang Maha Agung.
 Copyright @ 2009. Dunia Islam Indonesia